Image

Ketika mendengar kata bunga matahari, kita akan teringat warna kuning dan sebuah bunga yang mirip dengan bentuk matahari. Tapi sebenarnya bunga berwarna kuning ini disebut bunga matahari bukan hanya karena bentuknya yang mirip dengan matahari, tapi juga karena bunga ini selalu setia mendampingi sang matahari. Ketika siang dan pagi hari bunga matahari akan selalu menghadap ke arah matahari datang. Namun ketika matahari telah tenggelam bunga matahari akan ter tunduk lesu, seperti merindukan matahari… so sweet kan >.<

Bunga matahari berasal dari Amerika Selatan. Bunga ini bisa tumbuh di mana saja, karena dia dapat hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Bunga matahari tumbuh berasal dari biji.

Image

Biji bunga matahari yang terletak di tengah memiliki banyak manfaat. Para ahli telah mengetahui bahwa biji bunga matahari mengandung banyak protein. Biasanya kita menyebut biji bunga matahari dengan nama kuaci. Biasanya kuaci digunakan sebagai makanan marmut. Selain sebagai makanan marmut, kalau kuiaci digoreng akan dapat digunakan sebagai camilan yang lezat.

Selain biji, bagian lain dari bunga matahari seperti akar, bunga dan daunnya memiliki banyak kandungan kimia. Biasanya kandungan bahan kimia dari bunga matahari digunakan oleh pabrik-pabrik industri untuk membuat sabun, odol, kosmetik hingga produk obat-obatan. Di Cina bunga matahari digunakan sebagai obat. Oleh karena itu orang-orang cina sering menyebutnya sebagai Si Ratu Obat. Selain itu orang-orang cina menggunakan biji bunga matahari sebagai baham masakan. Orang-orang cina mengubah biji bunga matahari sebagai minyak goreng. Tahukah kalian, kalau makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak biji bunga matahari itu menyehatkan loh. Di negara-negara lain bunga matahari ditanam secara besar-besaran untuk perkebunan.

Image

Sejak zaman dahulu, kasiat bunga matahari sudah dikenal. Pada zaman dahulu orang-orang sering melakukan perang. Dan peperangan zaman dahulu tidak seperti sekarang yang menggunakan peralatan modern dan pelindung tubuh yang baik. Sehingga setiap akan pergi perang, orang-orang zaman dulu selalu membawa minyak bunga matahari. Dan ketika mereka mengalami luka-luka atau memar. mereka akan mengoleskan lukanya itu dengan minyak bunga matahari. Hasilnya, luka tersebut akan lekas sembuh. Selain sebagai obat luka, ketika orang dulu batuk mereka akan memakan akar bunga matahari.

Selain manfaat-manfaat di atas kita bisa menanam bunga matahari di halaman rumah kita untuk memperindah halaman kita.

ImageImageImageImageImage

About nenialya2

hi, my name's Neni Alya Firdausanti. I just an ordinary girl. I like reading and watching movie. Because it can help me to know the other side of the world. My hope is just making peope around me happy.. >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s