Image

“if you can dream it, you can do it”, adalah kalimat yang menjadi dorongan bagi seorang usahawan perusahaan multi media Walt Disney. Perusahaan ini diberi nama sesuai dengan nama pendirinya, Walt Elias Disney. Kata ini mneginspirasinya untuk mewujudkan impiannya untuk memiliki perusahaan multimedia sendiri. Walaupun dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang kurang mampu, ia tidak takut untuk mewujudkan mimpinya yang tinggi tersebut. Dengan yakin akan kata-katanya tadi ia memberanikan diri dan berusaha untuk mewujudkan mimpinya tesebut. Kini semua mimpinya telah tercapai, kehormatan, kekayaan dan kesuksesan telah ia raih. Namun perjalanan hidupnya tiaklah seindah cerita kartun yang ia buat.

BIOGRAFI:

Walt Disney adalah perusahaan multimedia yang terkenal di seluruh dunia, hingga produk yang bermerek Disney telah diakui kualitasnya. Walt Elias Disney atau sering dikenal sebagai Walt Disney adalah tokoh yang terkenal di dunia animasi. Hampir seluruh anak di dunia sudah mengenal tokoh kartun seperti Donal Bebek, Mickey Mouse dan Gufi. Berawal dari film kartun, kini dunia disney telah merambah ke dunia film, televisi hingga kerajaan bermain Disney Land. Nama Walt Disney tercaat dengan tinta emas di dalam dunia hiburan dunia terutama anak-anak. Dan tahukan kalian bahwa mula terciptanya animasi Mickey Mouse adalah karena Waltt Disney takut dengan hewan kecil pengerat, tikus. Ia berusaha membuat animasi yang lucu yang berhubngan dengan tikus agar ia tidak takun lagi dengan yang namanya tikus. Sekarang Mickey Mouse tealh diterima sebagai konsumsi publik oleh seluruh anak di dunia. Selaain membuat kartun yang di gemari anak-anak, ia juga telah membuat film animasi yang berdurasi panjang, membangun stasiun televisi Disney Channel dan membuat taman hiburan Disneyland yang berkonsep dunia fantasi manusia. Perusahan multimedia Walt Disney kini telah merajai dunia hiburan dengan menciptakan produk-produk yang beragam dan menuai sukses yang luar biasa. Penjualan produk-produk disney kini telah mencapai 22 milyar dollar AS. Walt Elias Disney lahir pada tahun 1901 di Chicagi, Illions Amerika Serikat. Masa kecilnya ternyata tak seindah cerita-cerita kartun yang ia buat. Ia mengenyam pendidikan di Sekilah Seni Chicago dan Kansas Missouri Amerika Serikat. Pada awal bisnisnya, ia memluai dengan membuka studio kartun di Holywood tahun 1923. Ayahnya sering berganti pekerjaann dan banyak diakhiri dengan kegagalan. Akhirnya Disney meninggalkan rumahnya untuk mengundi nasib pada usia 16 tahun dan bergabung dengan Korp Ambulans Palang Merah selama Perang Dunia I. Disney sempat mengalami masa-masa sulit hingga akhirnya ia menjadi soerang pebisnis besar.

Antara tahun 1926 dan 1928 Disney memproduksi serial kartun Oswald The Rabbit untuk di produksi di Universal Picture. Setelah itu, tahun 1928 ia memproduksi Steamboat Willie di Studio film yang dibangunnya. Film ini merupakan film kartun pertama yang menampilkan suara yang telah disinkronisasi. Awal tahun 1928 tokoh Disney yang paling populer Mickey Mouse mulai diperkenalkan dalam film kartun Plane Crazy. Tokoh Mickey Mouse mendapat apresiasi tinggi sebagai gambaran orang Amerika yang tak pernah menyerah.

Tahun 1930-an Disney bekerjasama dengan Technicolor dan membuat film berwarna Flowers and Trees (1932) yang menuai sukses besar. Disney kemudian membuat film panjang pertamanya Snow White and Seven Dwarfs atau yang kita kenal dengan nama Snow White dan Tujuh Kurcaci yang juga diterima publik dengan begitu antusias. Sementara film Pinocchio dan Fantasia semakin berkembang dari segi inovasi teknik. Antara tahun 1950-1960, Walt Disney Productions Ltd, menjadi produsen terpenting untuk teater dan televisi dan penerbitan. Ia juga membangun sebuah taman hiburan terbesar di Amerika Serikat Disneyland tahun 1955 yang hingga kini kepopulerannya belum terkalahkan dan kini telah memiliki berbagai cabang di beberapa negara di dunia. Disneyland menampilkan rekonstruksi, pameran, dan perjalanan bersejaranyang menjadi daya tarik para turis. Disneyland telah menjadi rekayasa imajinasi di mana keeksotisan, makhluk-makhluk berbahaya,tempat dan fantasi dapat diproduksi. Sukses Disneyland segera diikuti pembukaan Disney World di Orlando Florida tahun 1971.

Disney meinggal karena penyakit kanker tahun 1965.Sebagai seorang usahawan yang tak pernah puas dan tak kenal lelah, ia telah menemukan impiannya tentang kekayaan, kekuasaan dan kehormatan. Ketika ditanya mengenai apa yang menjadi kebanggaan hidupnya, ia tidak menyebut tentang anak-anak yang bahagia, atau nilai-nilai dalam keluarga. Ia dengan tegas menyatakan semua itu omong kosong. Kebanggaannya adalah keberhasilannya membangun kerajaan bisnis dan tetap bertahan sampai kapanpun.

Referensi

Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20

Penerbit Nuansa

About nenialya2

hi, my name's Neni Alya Firdausanti. I just an ordinary girl. I like reading and watching movie. Because it can help me to know the other side of the world. My hope is just making peope around me happy.. >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s